Minggu, 01 Mei 2016

CHMTS #11 : Tugas Besar " Perencanaan " ...

Assalamu'alaikum Semuanya ... ... ... 
Gimana malam ini ??? pada sehat semuanya kan ??? oke ... malam ini saya mau nulis tentang kehidupan mahasiswa teknik sipil alias kali ini edisi Catatan Harian Mahasiswa Teknik Sipil :) :) :) ... mari dibaca yaaa ...

Seperti yang udah saya sampaikan sebelumnya bahwa salah satu misi dan visi mahasiswa teknik sipil itu pada akhirnya ia harus bisa merancang suatu konstruksi, baik itu konstruksi gedung, jalan raya, jembatan, rangka baja dan juga bangunan keairan seperti bendungan dan juga irigasi. dan semuanya itu harus dikuasai oleh seorang calon insinyur sipil alias mahasiswa teknik sipil.

Dan seiring berjalannya waktu, sampailah saya di semester 6 ( enam ), dan disemester ini saya mengambil tugas besar " Perencanaan ". Yaaaa ... namanya Perencanaan, bebannya cuma 1 SKS, waktunyaaaa ??? satu semester dan doakan itu berjalan lancar kalau kagag, yaaa udah diperpanjang deh 1 bulan, ingat yaaaa satu bulan aja perpanjangannya jangan lama-lama entar malah gag siap-siap lagi dan akhhirnya jadi Mahasiswa Abadi, nauzubillah ..... jangan sampai deh ..

Perencanaan di jurusan teknik sipil itu gag sekali aja jumpanya, sebagai mahasiswa kita akan berjumpa dengan perencanaan ini sebanyak 4 kali ,,, perlu diulang ??? 4 ( empat ) kali !!! yaaa kamu gag salah baca kok, memang kita akan menjalani  4 kali perencanaan. dimana keempat perencanaan itu terdiri dari :
  • Perencanaan Gedung
  • Perencanaan Jalan Raya
  • Perencanaan Jembatan
  • dan, Perencanaan Bangunan Air ( Bendungan Atau Irigasi )
Jadiiiii ,,, ketika kita tamat nanti diharapkan kita itu udah mampun untuk merencanakan dan membangun semua jenis konstruksi itu.

Seperti namanya. ini itu perencanaan, jadi kita merencanakan semua jenis konstruksi itu sedari awal, sedari pondasi hingga selesai dilengkapi dengan semua gambar kerja. setiap mahasiswa itu akan diberikan satu orang dosen pembimbing oleh dosen koordinator. jadi disetiap bab perencanaan itu kita harus mengasistensikan hasil perencaan kita dengan dosen pembimbing, dan dalam pengerjaan ini akan tetap ada yang namanya revisi, hahahhahahaha gag akan jauh-jauh kok dengan satu kata ini " revisi ".

Meskipun terbilang berat ( yaiyalah ... namanya aja tugas besar ), tetapi perencanaan itu banyak banget manfaatnya, gimana enggag, disini kita bisa belajar sebanyak-banyaknya untuk bekal kita nanti ketika terjun ke lokasi pekerjaan langsung.

Okeee ... sampai disini dulu yaaa ... lanjut lagi nanti :) :) :)
Ohyaaa .. bagi mahasiswa teknik sipil yang lagi ngerjain perencanaan semangat yaaa !!! biar cepat tamat dan make toga ... :) :) :) 

Salam Musafir Senja ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar